Rabu, 13 Oktober 2010 |

Quisioner Mesin Kecerdasan Stif (Pendek)

  • PILIHLAH JAWABAN YANG PALING SESUAI DENGAN KECENDERUNGAN DIRI ANDA, BUKAN JAWABAN YANG MENURUT PEMAHAMAN ANDA BENAR ATAU ANDA ANGGAP BAIK.
  1. Jika saya bertemu dengan beberapa teman baru, maka:
    1. Saya cukup mudah untuk mengingat nama teman-teman baru saya.
    2. Saya cenderung sulit mengingat nama-nama, walaupun mudah ingat pada orangnya, kecuali terhadap orang yang memberi kesan yang mendalam bagi saya.
  2. Jika saya bekerja, maka:
    1. Saya lebih suka pekerjaan yang sudah bersifat rutin, jelas dan terarah.
    2. Saya lebih suka dengan pekerjaan yang lebih banyak improvisasinya, sehingga cenderung mudah bosan dengan pekerjaan yang bersifat rutin.
  3. Jika diminta untuk melakukan sebuah perubahan, maka:
    1. Lebih suka dengan perubahan-perubahan yang bersifat nyata, praktis, dapat langsung diterapkan dan dapat segera dirasakan manfaatnya oleh kebanyakan orang.
    2. Lebih suka dengan perubahan yang bersifat fundamental dan mendasar, walaupun agak kurang praktis atau bahkan agak sulit untuk diaplikasikan.
  4. Kecenderungan yang lebih sesuai dengan diri saya adalah:
    1. Saya lebih suka dengan hal-hal yang lebih detail, jelas dan terperinci daripada berbicara hal-hal yang besar dan terlalu muluk-muluk.
    2. Saya lebih suka dengan hal-hal yang bersifat global, besar dan muluk-muluk, daripada hal-hal yang detail, terperinci dan bersifat praktis.
  5. Jika saya harus tampil di muka umum untuk melakukan suatu presentasi, maka:
    1. Saya akan sangat memperhatikan penampilan saya. Saya lebih suka tampil rapi, bersih, serasi dan menarik.
    2. Saya lebih cenderung suka dengan penampilan yang santai atau tampil apa adanya juga tidak masalah.
  6. Jika saya harus melakukan presentasi, dengan waktu persiapan yang cukup panjang, maka:
    1. Saya akan melakukan persiapan dengan matang, terinci dan dengan akurasi yang tinggi, jika perlu harus dengan latihan yang berulang-ulang.
    2. Bagi saya yang penting sudah siap dengan kerangka besarnya, sudah memahami dan menguasainya, itu sudahlah cukup, latihan yang berulang-ulang tidak perlu dilakukan.
  7. Jika saya harus membuat makalah, maka:
    1. Saya harus mempersiapkannya dengan data-data pendukung yang banyak, ilmiah dan akurat, baru kemudian menuangkannya dalam sebuah makalah.
    2. Saya lebih suka mempersiapkan ide besarnya, cukup dengan merenung kemudian menuangkannya dalam bentuk makalah, sedangkan data-data pendukung ada atau tidak tidaklah penting, sehingga data-data dicari hanya seperlunya saja.
  8. Jika saya membaca sebuah buku yang menarik, maka:
    1. Saya merasa puas jika dapat membaca keseluruhan isinya, sehingga semua informasi yang disajikan buku tersebut dapat saya ketahui.
    2. Saya sudah merasa puas jika sudah bisa menangkap kerangka global dari isi buku tersebut, sehingga tidak perlu membaca keseluruhan isi buku tersebut.
  9. Jika saya diminta untuk menceritakan sebuah kejadian, maka:
    1. Saya lebih suka untuk menceritakannya secara runtut dan sistematis sebagaimana kejadian tersebut terjadi.
    2. Saya lebih suka untuk mereka-reka kembali runtutan cerita tersebut, sehingga nampak lebih menarik, ada titik-titik klimaksnya, sehingga bisa terkesan bombastis.
  10. Jika saya harus memikirkan tentang hidup saya, maka:
    1. Saya lebih suka berfikir tentang hal-hal yang bersifat praktis, urgen, yang langsung saya hadapi dan yang harus segera saya selesaikan.
    2. Saya lebih suka memikirkan hal-hal yang bersifat jangka panjang, bersifat global, serta impian-impian masa yang akan datang.
  11. Jika saya mendapat tawaran pekerjaan baru yang besar dan bersifat menantang, maka:
    1. Bagi saya, memiliki pengalaman terhadap pekerjaan yang sejenis dan perhitungan-perhitungan yang matang dan cermat sangatlah diperlukan untuk memutuskan, apakah akan menerima tawaran tersebut atau tidak.
    2. Bagi saya, pengalaman dan kecermatan tidaklah terlalu penting. Bagi saya, keberanian dan kenekatan terkadang diperlukan untuk menjawab tantangan-tantangan besar dalam pekerjaan.
  12. Suasana tempat kerja yang lebih saya sukai adalah:
    1. Suasana kerja yang formal, resmi, teratur dan rapi.
    2. Suasana kerja yang terkesan agak santai, tidak terlalu formal dan tidak terlalu resmi.
  13. Jika saya menjadi pemimpin, maka:
    1. Saya lebih suka menjadi pemimpin yang berdisiplin, sistematis, rapi dan teratur.
    2. Saya lebih suka menjadi pemimpin yang agak santai, low profile, agak kurang rapi dan agak kurang teratur.
  14. Jika saya mempunyai bawahan yang salah dalam pekerjaannya, menurut aturan yang berlaku dia harus diberi sanksi, maka:
    1. Akan saya beri sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku, agar aturan tetap ditaati, dihormati dan dijunjung tinggi.
    2. Akan saya selesaikan secara persuasif, jika perlu sanksi tidak harus diberlakukan, meskipun saya tahu hal itu berarti melanggar peraturan.
  15. Jika saya diberi amanah untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, maka:
    1. Saya merasa sangat puas jika pekerjaan tersebut dapat saya selesaikan dengan rapi, akurat dan dengan tingkat kesalahan yang sekecil mungkin.
    2. Saya sudah cukup merasa puas jika pekerjaan tersebut secara garis besar sudah saya selesaikan dengan baik. Saya tidak harus terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan akurasi yang terlalu tinggi.
  16. Jika saya mengikuti rapat di perusahaan saya, maka:
    1. Saya merasa ringan untuk mencatat jalannya rapat dan juga keputusan-keputusannya.
    2. Saya merasa malas untuk mencatatnya, kecuali untuk hal-hal yang sangat penting.
  17. Jika saya diberi tanggung jawab untuk mengelola keuangan, maka:
    1. Saya merasa ringan untuk melakukan pencatatan keuangan secara rapi dan teratur.
    2. Pencatatan keuangan yang saya lakukan cenderung kurang rapi dan cenderung amburadul.
  18. Jika saya harus menangani berbagai data dan dokumen, maka:
    1. Saya akan dapat menata, mendata dan menyimpannya dengan rapi dan teratur.
    2. Saya merasa kurang telaten dan cenderung kurang tertib.
  19. Ritme hidup yang lebih saya sukai adalah:
    1. Ritme hidup yang cenderung stabil, teratur dan dengan masa depan yang lebih pasti.
    2. Ritme hidup yang dinamis, yang terkadang diwarnai dengan kejutan-kejutan.
HITUNGLAH JAWABAN ANDA. JIKA JAWABAN LEBIH BANYAK “a”, MAKA KERJAKANLAH QUISNER A. SEBALIKNYA, JIKA JAWABAN LEBIH BANYAK “b”, MAKA KERJAKANLAH QUISNER B.
QUISNER A
  1. Jika menjalani sebuah pekerjaan atau karir, maka yang lebih saya harapkan adalah:
    1. Penghasilan saya menjadi lebih banyak dan saya menjadi semakin kaya raya adalah senantiasa menjadi harapan saya. Bagi saya, masalah jabatan tidaklah terlalu penting.
    2. Jabatan saya menjadi semakin tinggi dan saya mempunyai bawahan yang semakin banyak adalah senantiasa menjadi harapan saya. Bagi saya, masalah penghasilan tidaklah terlalu penting.
  2. Jika ada sebuah proyek, maka:
    1. Saya lebih suka menjadi pelaksana proyek dari proposal yang sudah siap dan sudah jelas pengerjaannya.
    2. Saya lebih suka menjadi pihak yang mengambil peran untuk merancang dan mempersiapkan proposal proyeknya.
  3. Jika saya diharuskan untuk belajar dengan sebuah pelajaran tertentu, maka:
    1. Saya lebih suka dengan pelajaran yang banyak hafalannya.
    2. Saya lebih suka dengan pelajaran yang banyak analisisnya.
  4. Jika saya bekerja di sebuah perusahaan tertentu, maka:
    1. Saya lebih suka bekerja di bagian yang memproduksi barangnya.
    2. Saya lebih suka bagian yang mengelola organisasi perusahaannya.
  5. Dalam hidup saya, yang lebih saya impikan adalah:
    1. Menjadi orang yang kaya raya, walaupun tidak mempunyai jabatan formal yang tinggi.
    2. Mempunyai jabatan formal yang tinggi, walaupun tidak terlalu kaya.
  6. Jika saya ditantang untuk mengerjakan sebuah pekerjaan besar, maka:
    1. Pengalaman kerja saya yang tinggi akan menjadi andalan saya yang paling utama.
    2. Saya akan lebih mengandalkan kekuatan analisis saya, walaupun pengalaman kerja saya masih minim.
  7. Jika saya harus memilih, maka:
    1. Saya lebih suka menjadi seorang pengusaha yang sukses dengan kekayaan yang melimpah ruah.
    2. Saya lebih suka menjadi pejabat yang memiliki kedudukan yang tinggi, serta memiliki bawahan yang banyak.
  8. Jika saya harus memilih, maka:
    1. Saya lebih suka bekerja di tempat yang lebih banyak berhubungan dengan fakta-fakta di lapangan.
    2. Saya lebih suka bekerja di tempat yang lebih banyak berhubungan dengan data-data di komputer atau di dalam buku-buku.
  9. Jika saya harus memilih buku, maka:
    1. Saya lebih suka buku yang berisi tentang kisah-kisah yang nyata, yang berisi tentang fakta, tentang kejadian yang hebat, tentang orang-orang yang sukses atau yang sejenisnya.
    2. Saya lebih suka buku yang berbobot, seperti cerita tentang detektif atau yang sejenisnya, yang alur ceritanya sulit ditebak, membuat pembacanya penasaran, membutuhkan penelaahan dan analisis yang mendalam untuk dapat memahaminya.
LIHATLAH HASILNYA PADA PETUNJUK TERAKHIR UNTUK MENGETAHUI MESIN KECERDASAN ANDA.
QUISNER B
  1. Saya lebih suka disebut sebagai manusia yang:
  1. Memiliki kharisma yang tinggi, banyak dihormati, ucapannya didengarkan, walaupun terkesan agak angkuh dan sombong sehingga sulit untuk akrab dengan kebanyakan orang.
  2. Mudah bergaul, mudah akrab dengan banyak orang, disukai oleh banyak orang, memiliki pergaulan yang luas, walaupun kurang berkharisma dan kurang mampu berbicara dengan hebat.
  1. Jika saya harus menjalani suatu rutinitas kerja, maka:
    1. Saya lebih suka bekerja dalam suasana yang tenang dan tidak banyak orang di sekitar saya, karena itu akan terasa mengganggu bagi saya.
    2. Saya lebih suka bekerja di tempat yang ada banyak orangnya, karena keberadaan teman-teman tersebut akan membuat perasaan saya lebih tentram, hangat dan senang.
  2. Jika saya berada di tengah-tengah teman sekerja,maka:
    1. Saya lebih suka menjadi orang yang terlihat paling unggul, paling menonjol, paling berpengaruh, memiliki kharisma yang paling tinggi, walaupun akhirnya menjadi kurang dekat dan akrab dengan teman-teman sekerja.
    2. Saya lebih suka menjadi orang yang paling disukai, paling dicintai, yang kehadiran saya senantiasa dinanti-nantikan oleh teman sekerja, sehingga jika saya tidak ada maka suasana tempat kerja menjadi kurang hangat dan ramai, walaupun tidak ada sesuatu yang unggul dan menonjol dalam diri saya.
  3. Jika saya disuruh untuk memilih pekerjaan di sebuah perusahaan, maka:
    1. Saya lebih suka dengan pekerjaan yang berhubungan penemuan, penelitian dan pengembangan produk dari sebuah perusahaan.
    2. Saya lebih suka dengan pekerjaan yang berhubungan dengan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan.
  4. Jika disuruh memilih, maka:
    1. Saya lebih suka menjadi seorang penceramah yang nasehatnya banyak didengar orang, walaupun agak kurang pandai bergaul di tengah masyarakat.
    2. Saya kurang pandai berceramah, namun banyak dicintai orang, memiliki pergaulan yang luas dan mudah akrab jika berada di tengah masyarakat.
  5. Jika saya harus memilih, maka:
    1. Saya lebih suka menjadi penulis buku yang hebat, bukunya banyak dibaca orang dan banyak membawa inspirasi kepada masyarakat luas, namun keberadaan saya kurang populer di tengah masyarakat.
    2. Saya tidak terlalu pandai menulis buku, namun keberadaan saya lebih populer di tengah masyarakat, lebih banyak pecintanya dan lebih banyak pemujanya.
  6. Jika saya ingin sukses di tempat kerja saya, maka:
    1. Saya harus menunjukkan kecemerlangan ide-ide saya, bisa memberikan gagasan-gagasan yang lebih hebat dari yang lainnya, walaupun akan mengakibatkan saya menjadi kurang kompak dengan tim kerja saya.
    2. Saya harus bisa menunjukkan kelebihan saya, yaitu keluwesan kerja saya, kemudahan saya dalam bergaul, mudah untuk bertoleransi, mudah untuk berkompromi, mudah untuk diajak kerja sama dalam tim yang kompak.
  7. Jika saya diterima bekerja di sebuah perusahaan atau instansi baru dan ternyata mempunyai teman sekerja yang banyak, maka:
    1. Saya tidak perlu tergesa-gesa untuk akrab dan dekat dengan mereka, karena saya harus membaca terlebih dahulu keunggulan dan kekurangan mereka, sehingga saya akan bisa membuat strategi untuk bisa menjadi orang yang paling menonjol di tengah-tengah mereka.
    2. Saya akan segera menjalin hubungan yang akrab dan harmonis dengan mereka, sehingga saya bisa segera merasa nyaman dan tentram bekerja di tempat tersebut.
  8. Jika saya mempunyai teman sekerja, maka saya akan mudah terkesan apabila:
    1. Teman saya memiliki kemampuan bicara yang hebat, memiliki retorika yang tinggi, walaupun agak kurang supel, kurang akrab dan kurang pandai bergaul.
    2. Teman saya sangat supel, ramah, ceria, mudah bergaul, enerjik, walaupun kurang pandai bicara.
LIHATLAH HASILNYA PADA PETUNJUK TERAKHIR UNTUK MENGETAHUI MESIN KECERDASAN ANDA.
PETUNJUK TERAKHIR
QUISNER A:
  1. JUMLAH JAWABAN TERBANYAK a: MESIN KECERDASAN SENSING
  2. JUMLAH JAWABAN TERBANYAK b: MESIN KECERDASAN THINKING
QUISNER B:
  1. JUMLAH JAWABAN TERBANYAK a: MESIN KECERDASAN INTUITING
  2. JUMLAH JAWABAN TERBANYAK b: MESIN KECERDASAN FEELING
JIKA JAWABAN ANDA SEIMBANG ANTARA a DAN b SILAKAN LANJUTKAN PADA QUISNER “PANJANG”

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Sarannya ya...