Kamis, 16 Juni 2011 |

Tipe - tipe Pemimpin Rapat


Dalam sebuah rapat, faktor pemimpin sangatlah penting untuk mengendalikan sebuah rapat. Berikut ini akan dibahas lebih lanjut mengenai tipe-tipe pemimpin rapat :
1)                  Tipe otoriter
Pemimpin otoriter adalah pemimpin yang suka memaksakan kehendaknya, merasa saling berkuasa dan merasa paling mengetahui segala hal, sehingga kurang memberikan kesempatan kepada para peserta rapat untuk mengemukakan pendapatnya. Hal ini akan mengakibatkan hasil keputusan rapat kurang dapat dipertanggungjawabkan dan dilaksanakan, karena bukan merupakan keputusan bersama dan mungkin saja ada pihak-pihak  yang tidak puas terhadap hasil keputusan rapat tersebut.

2)                  Tipe demokratis
Pemimpin demokratis adalah pemimpin yang bersifat terbuka, mau menerima kritik dan saran dari peserta rapat, memberikan kesempatan kepada peserta rapat untuk mengemukakan pendapatnya, berperan sebagai pembimbing, pengarah, pemberi petunjuk dan terlibat langsung dalam interaksi kelompok. Keputusan yang diambil oleh pemimpin rapat merupakan hasil musyawarah kelompok.
3)                  Tipe laizess-faire
Pemimpin laizess-faire adalah pemimpin yang memberikan kebebasan kepada para peserta rapat untuk mengendalikan jalannya rapat. Pemimpin tipe ini bersifat pasif dan cenderung masa bodoh, tidak terlibat langsung dalam kegiatan kelompok, tidak punya inisiatif dan cenderung bersikap sebagai penonton saja. Rapat yang dipimpin oleh pimpinan tipe ini seolah-olah tidak ada pemimpinnya, sehingga hasil keputusan rapat biasanya tidak sesuai dengan tujuan rapat yang diharapkan.

10 komentar:

Anonim mengatakan...

mksih ye

Anonim mengatakan...

thanks info nya

Unknown mengatakan...

Terimakasih

Unknown mengatakan...

terimakasih :D

Unknown mengatakan...

thanks infonya

portal-ilmu.com mengatakan...

kalau saya memilih pemimpin yang dinamis (ini hanya pendapat saya). bisa tahu kapan harus otoriter kapan harus demokratis. ehhehehe... lebih lanjut mengenai pemimpin silahkan simak artikel Pengertian, Jenis, Syarat, Tipe Pemimpin dan Peserta Rapat

Nurul Setyawati mengatakan...

keren, makasih atas informasinya

Anonim mengatakan...

Thank you for information

Unknown mengatakan...

Keren si akurat banget membantu saya mengerjakan tugas yang tanpa materi dari guru :')

Unknown mengatakan...

thank you atas ilmunya

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Sarannya ya...