Rabu, 13 April 2011 |

Memilih media komunikasi


Pengertian media komunikasi
            Media komunikasi adalah sarana atau alat yang digunakan untuk mempermudah proses penyampian warta/pesan/informasi dari komunikator kepada komunikan untuk mecapai tujuan tertentu.
Fungsi media komunikasi
Fungsi media komunikasi adalah sebagai berikut :
a.       Menumbuhkan motivasi bagi para komunikan
b.      Menumbuhkan daya tarik pesan atau informasi yang akan disampaikan
c.       Mengefektifkan proses penyampaian pesan atau informasi
d.      Mempercepat waktu yang diperlukan untuk menyampaiakan informasi
e.       Menjelaskan isi dan maksud pesan atau informasi yang akan disampaikan
f.       Membuat isi pesan atau informasi lebih nyata
g.      Sebagai media hiburan dan pendidikan bagi komunikan
Jenis – jenis media komunikasi
Jenis – jenis media komunikasi adalah sebagai berikut :
a.       Media visual, yaitu media yang dapat di lihat
Contoh : lukisan, foto, sinar lampu, dan media cetak

Kelebihan :
·         Biaya relatif murah
·         Mudah dibuat dan digunakan
·         Alat dan pemeliharaanya sederhana
·         Dapat memperjelas suatu masalah
·         Dapat mewujudkan ide abstrak ke bentuk konkret
·         Dapat menimbulkan imajinasi dan inspirasi
Kekurangan :
·         Hanya untuk indra penglihatan
·         Tidak bergerak
·         Keterkaitan pada ukuran
·         Menimbulkan rasa bosan
·         Memiliki keterbatasan pemirsa
·         Dapat menimbulkan penafsiran yang berbeda – beda

b.      Media audio, yaitu media yang dapat di dengar
Contoh : radio, tape recorder, dan telepon
Kelebihan :
·         murah dan mudah pengadaannya, jangkauan luas, dan dapat mengembangkan daya imajinasi
·         progamnya sudah dibuat, alat perekamnya mudah digunakan dan didapatkan, dapat dipakai berulang – ulang, mudah diperbanyak, dan dapat digunakan sewaktu – waktu
·         bentuk sederhana, mudah digunakan, dan dapat menyampaikan pesan secara langsung
Kekurangan :
·         Penyajian terikat pada jadwal, dan kecepatan penyajian sulit di kontrol
·         Kecepatan informasi tidak dapat dirubah dan tidak menggambarkan unsur – unsur
·         Biaya pemasangan relatif mahal, dan sering timbul gangguan – gangguan

c.       Media audio visual, yaitu media yang dapat dilihat dan di dengarkan
Contoh : televisi, DVD, dan film
Kelebihan :
·         Infarmasi dapt disampaikan sesuai dengan kenyataan
·         Dapat dimengerti keadaan/hasil yang sebenarnya
·         Tidak membosankan
Kekurangan :
·         Biaya relatif mahal
·         Kadang – kadang kejelasan suara kurang dipahami
·         Memerlukan tempat yang tidak sedikit
(Sri Endang R. dan Sri Mulyani, 2006. 13-18)
Endang, Sri. R. dan Mulyani, Sri. 2009.Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan . Jakarta: Erlangga    

2 komentar:

Vety Nurul mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Panji Ahmad Satria mengatakan...

Terima kasih atas share ilmu nya mas

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Sarannya ya...