Minggu, 08 Mei 2011 |

Keputusan Seleksi


Langkah terakhir dari proses seleksi sumber daya manusia ini menurut Drs. Sihotang M.B.A  (2007:123),  adalah  membuat  keputusan  diterima  atau  ditolaknya  pelamar  kerja. Pemberitahuan kepada pelamar bahwa lamaranya terpakasa ditolak atau tidak diterima sebagai pegawai di dalam suatu organisasi sebaiknya dengan sesegera mungkin diberitahukan secara tertulis agar pelamar itu dapat dengan segera mencari pekerjaan di lain tempat dan mungkin di bidang lain pula.
Sangat penting diperhatikan untuk mejaga citra organisasi dan menghormati setiap surat permohonan dari pelamar. Merupakan etika yang sangat baik apabila setiap surat yang diterima dan ditujukan pada organisasi kita selalu mendapat jawaban secara tertulis pula sehingga jangan sampai terdapat surat lamaran yang tidak mendapat jawaban tertulis demi menjaga citra dan nama baik perusahaan/organisasi kita.
Selanjutnya kepada para pelamar yang diterima jadi pegawai secepat mungkin dikirimi surat panggilan yang menjelaskan kapan mereka mulai bekrja atau mendapat training lebih dahulu baru kemudian ditempatkan. Berkas-berkas dalam surat lamaran lengkap dengan foto copy curriculum vitae dan sertifikat keahlian hendaknya disimpan dan diarsipkan secara teratur karena informasi yang terdapat di dalamnya sangat berguna dan pasti akan dicari di kemudian hari, terutama untuk pembinaan karier setiap personel di dalam organisasi itu, bahkan pada saat pegawai tersebut memasuki usia pensiun.
Dengan berakhirnya seleksi pada pengambilan keputusan seleksi sumber daya manusia ini maka tiba saatnya untuk proses penempatan pegawai yang akan dibahas pada bab berikutnya.Akan tetapi sebelum dimasuki pembahasan penempatan kerja akan diuraikan lebih dahulu pelaksanaan psikotes dengan cara memilih A atau B dari 64 pernyataan.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Sarannya ya...