Minggu, 08 Mei 2011 |

Kualifikasi Seleksi


Penyeleksi harus mengetahui secara jelas kualifikasi yang akan diseleksi dari pelamar supaya sasaran dicapai dengan baik. Kualifikasi seleksi meliputi:
1.      Umur
Umur harus mendapat perhatian karena akan mempengaruhi kondisi fisik, mental, kemampuan kerja, dan tanggung jawab seseorang. Umur pekerja juga diatur oleh undang-undang perburuhan.
2.      Keahlian
Keahlian harus mendapat perhatian utama kualifikasi seleksi karena yang akan menentukan mampu tidaknya seseorang menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan kepadanya. Keahlian ini mencakup technical skill, human skill, conceptied skill, kecakapan untuk memanfaatkan kesempatan, serta kecermatan menggunakan peralatan yang dimiliki perusahaan dalam mencapai tujuan.
3.      Kesehatan fisik
Kesehatan fisik sangatlah penting dalam menduduki suatu jabatan karena tidak mungkin seseorang dapat menyelesaikan tugasnya jika dalam keadaan sakit bahkan perusahaan akan dibebani pengeluaran biaya perawatan yang cukup besar.
4.      Pendidikan
Pendidikan merupakan suatu indikator yang mencerminkan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
5.      Jenis kelamin
Jenis kelamin harus diperhatikan berdasarkan sifat pekerjaan, waktu mengerjakan dan peraturan perburuhan.
6.      Tampang
Tampang hanyalah merupakan kualifikasi tambahan. Artinya, untuk jabatan tertentu tampang akan turut membantu keberhasilan seseorang dalam melaksanakan tugasnya.
7.      Bakat
Orang yang berbakat lebih cepat berkembang dan mudah menangkap pengarahan yang diberikan dan lebih kreatif mengembangkan dirinya.
8.      Temperamen
Adalah pembawaan seseorang yang sulit dipengaruhi oleh lingkungan dan melekat pada dirinya. Untuk penilaiannya biasanya diserahkan kepada psikolog.
9.      Karakter
Karakter atau kepribadian berbeda dengan temperamen walaupun ada hubungan erat antara keduanya.
10.  Pengalaman Kerja
Pengalaman kerja hendaknya mendapat pertimbangan utama dalam proses seleksi dan biasanya orang yang berpengalaman adalah calon karyawan yang telah siap pakai.
11.  Kerja Sama
Kerja sama harus diperhatikan dalam proses seleksi, karena kesediaan kerja sama baik vertikal maupun horizontal merupakan kunci keberhasilan perusahaan, asalkan kerja sama itu sifatnya positif serta berasaskan kemampuan.
12.  Kejujuran
Kejujuran merupakan kualifikasi seleksi yang sangat penting karena kejujuran merupakan kunci untuk mendelegasikan tugas kepada seseorang.
13.  Kedisiplinan
Kedisiplinan perlu diperhatikan dalam proses seleksi karena untuk dapat menyelesaikan tugas dengan baik seseorang harus disiplin, baik pada dirinya sendiri maupun pada peraturan perusahaan.
14.  Inisiatif dan Kreatif
Merupakan kualifikasi seleksi yang penting karena inisiatif dan kreativitas dapat membuat seseorang mandiri dalam menyelesaikan pekerjaannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Sarannya ya...